Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Teori Bilangan melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) (PTK pada Mahasiswa Semester I A Pendidikan Matematika FKIP UMS Tahun Ajaran 2014/2015)

Wardoyo, Ali (2015) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Teori Bilangan melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) (PTK pada Mahasiswa Semester I A Pendidikan Matematika FKIP UMS Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (565kB)
[img] PDF (Bab I)
bab I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab III)
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa semester I A Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS yang berjumlah 39 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Valididas data menggunakan Source Triangulation (Triangulasi Sumber) dan Technic Triangulation (Triangulasi Teknik). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. hal ini dapat dilihat melalui indikator sebagai berikut : (1) aktivitas mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan sebanyak 8 mahasiswa (20,51%), setelah tindakan menjadi 24 mahasiswa (61,53%); (2) aktivitas mahasiswa dalam menjawab pertanyaan sebanyak 14 mahasiswa (35,90%), setelah tindakan menjadi 27mahasiswa (69,23%); (3) aktivitas mahasiswa dalam mengemukakan pendapat sebanyak 13 mahasiswa (33,3%), setelah tindakan menjadi 23 mahasiswa (58,97%); (4) aktivitas mahasiswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebanyak 5 mahasiswa (12,82%), setelah tindakan menjadi 22 mahasiswa (56,41%); (5) hasil belajar mahasiswa, yang ditandai dengan nilai ulangan harian ≥ 65 sebanyak 14 mahasiswa (35,90%), setelah tindakan menjadi 34 mahasiswa (87,17%). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa semester I A Program Studi Pendidikan Pendidikan Matematika FKIP UMS tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran think pair share (TPS), aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jun 2015 08:29
Last Modified: 03 Jun 2015 08:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33186

Actions (login required)

View Item View Item