Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) PTK Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Sine Ngawi Semester Ganjil Tahun 2014/2015

Lestari, Dewi Putri (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) PTK Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Sine Ngawi Semester Ganjil Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf

Download (910kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Ilmiah.pdf

Download (556kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan penerapan Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sine tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sine yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan pemahaman konsep matematika terlihat dari banyaknya siswa yang : (1) menyatakan ulang sebuah konsep dengan benar meningkat dari kondisi awal 24% siklus I 28% dan siklus II menjadi 80%. 2) memberikan contoh dan non contoh meningkat dari kondisi awal 36% siklus I 52% dan siklus II menjadi 84 %. (3) menyajikan konsep dalam bentuk representatif matematis meningkat dari kondisi awal 24% siklus I 32% dan siklus II menjadi 84%. (4) menerapkan konsep secara tepat meningkat dari kondisi awal 20% siklus I 40% dan siklus II menjadi 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sine tahun ajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep; Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jun 2015 08:14
Last Modified: 03 Jun 2015 08:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33185

Actions (login required)

View Item View Item