Peningkatan Kreativitas Dan Ketuntasan Belajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Berbasis Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 11 Surakarta Tahun 2014/2015

Adi Putra, Oki Rizqi (2015) Peningkatan Kreativitas Dan Ketuntasan Belajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Berbasis Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 11 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (390kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9. ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (303kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model discovery learning berbasis numbered heads together pada siswa kelas VIII E SMP N 11 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dan peneliti. Siswa kelas VIII E berperan sebagai subyek penerima tindakan, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adanya peningkatan kreativitas dan ketuntasan belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) kefasihan (mengembangkan ide-ide baru), 6,06% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 50%; (2) siswa yang mendapat nilai ketuntasan belajar ≥ 71, 12,12% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 60%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbasis numbered heads together dapat meningkatkan kreativitas dan ketuntasan belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas; ketuntasan belajar; discovery learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:53
Last Modified: 01 Jun 2015 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33148

Actions (login required)

View Item View Item