Pengaruh Pemahaman Guru Tentang Penerapan Ktsp Dan Motivasi Guru Mengajar Terhadap Nilai Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Sari, Anita Puspita (2015) Pengaruh Pemahaman Guru Tentang Penerapan Ktsp Dan Motivasi Guru Mengajar Terhadap Nilai Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (406kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pengaruh positif yang berarti dari pemahaman guru tentang penerapan KTSP terhadap nilai belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui pengaruh positif yang berarti dari motivasi guru mengajar terhadap nilai belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. 3) Untuk mengetahui pengaruh positif yang berarti dari pemahaman guru tentang penerapan KTSP dan motivasi guru mengajar terhadap nilai belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 16 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas karena sifat dan identitas guru terdeteksi oleh manajemen sekolah. Sampel diambil sebanyak 15 guru dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif yang berarti dari pemahaman guru tentang penerapan KTSP terhadap nilai belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,260 > 2,179 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007 dengan sumbangan efektif sebesar 32,1%. 2) Ada pengaruh positif yang berarti dari motivasi guru mengajar terhadap nilai belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,491 > 2,179 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004, dengan sumbangan efektif sebesar 36,3%. 3) Ada pengaruh positif yang berarti dari pemahaman guru tentang penerapan KTSP dan motivasi guru mengajar terhadap nilai belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, hal tersebut dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,999 > 3,885 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. Dengan koefisien determinasi sebesar 68,4% sedangkan 31,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Guru tentang Penerapan KTSP, Motivasi Guru Mengajar dan Nilai Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jun 2015 03:11
Last Modified: 01 Jun 2015 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33145

Actions (login required)

View Item View Item