Analisis Bentuk Dan Makna Afiks Verba Pada Teks Bacaan Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013

Shofiana,, Romy (2015) Analisis Bentuk Dan Makna Afiks Verba Pada Teks Bacaan Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil telaah bentuk dan makna afiks verba pada teks bacaan dalam buku siswa bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013. Objek penelitian ini adalah pemakaian afiks verba pada teks bacaan dalam buku siswa bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam pengumpulkan data yaitu metode simak dilanjutkan teknik sadap dan teknik catat. Adapun teknik analisis data menggunanakan metode agih dilanjutkan dengan teknik ganti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua macam afiks verba yang digunakan dalam buku siswa bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013, yaitu prefiks verba dan konfiks verba. Bentuk afiks verba ada prefiks ber, di, ke, me, dan ter, sedangkan bentuk konfiks verba ada ber-an, me-i, me-kan, ke-an, dan ter-i. Perubahan kelas kata yang terjadi adalah, a) kata benda (KB) berubah menjadi kata kerja (KK) ditemukan ada 38, b) kata sifat (KS) berubah menjadi kata kerja (KK) ditemukan ada 11, c) kata numeralia (K.Num) berubah menjadi kata kerja (KK) ditemukan hanya ada 1, dan d) kata keterangan (K.Ket) berubah menjadi kata kerja (KK) ditemukan ada 1. Adapun jenis kata yang tidak mengalami perubahan setelah mendapat imbuhan afiks ditemukan ada 34 yaitu kata kerja (KK). Makna afiks verba yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu a) prefiks, (1) ber-, pekerjaan ditujukan kepada diri sendiri, ada dalam keadaan, mempunyai, menghasilkan/ mengeluarkan, mengusahankan, dan pekerjaan saling balas, (2) di-, bentuk dasarnya dikenai pekerjaan, memberi, dan mengerjakan sesuatu, (3) ke-, kelompok/ kumpulan, (4) me-, melakukan pekerjaan, menuju ke, menjadi, memberi, dan menghasilkan, (5) ter-, tidak sengaja, dan paling. b) konfiks, (1) ber-an, perbuatan yang dilakukan berbalas dan perbuatan yang dilakukan berkalikali, (2) me-i, membuat jadi, melakukan berulang-ulang, dan merasa, (3) me-kan, menyebabkan jadi, dan melakukan, (4) ke-an, menyatakan abstraksi, dan (5) ter-i, dapat dilakukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: afiks, verba, buku siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2015 04:30
Last Modified: 30 May 2015 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33142

Actions (login required)

View Item View Item