Aspek Religius Dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Nurjanah, Nilam Sari and , Prof. Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2015) Aspek Religius Dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (770kB)
[img] PDF (Bab I)
04.BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latas sosio-historis pengarang novel 99 Cahaya di Langit Eropa, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, (3) mendeskripsikan aspek religius yang terkandung dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan tinjauan sosiologi sastra, (4) mengimplementasikan aspek religius dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan tinjauan sosiologi sastra sebagai bahan ajar sastra di SMA. Data penelitian ini berupa kalimat yang terdapat dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik trianggulasi teori. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model dialektika. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) latar sosiohistoris Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra, seorang sastrawan yang semua karyanya membidik tentang unsur-unsur religius, (2) secara struktural, alur dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa yaitu alur campuan (alur maju dan mundur). Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama yaitu Hanum, tokoh tambahan Rangga, Fatma, dan Marion sebagai tokoh bawahan. Latar tempat terjadi di Wina, Paris, Cordoba, Granada, Mekkah. Latar waktu terjadi pada tahun 2008 sampai tahun 2010. Latar sosial adalah seseorang yang memliki perilaku kehidupan sosial yang baik dan taat terhadap agamanya, (3) aspek religius dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa terdapat empat sikap religius, yaitu ikhlas, pasrah, sabar dan taat, (4) hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI semester I (ganjil).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Religius, Novel 99 Cahaya di Langit Eropa, Sosiologi Sastra, Implementasi Sebagai Bahan Ajar di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2015 03:17
Last Modified: 06 Oct 2021 15:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33107

Actions (login required)

View Item View Item