Kontribusi Kemampuan Berpikir Kreatif, Number Sense, Dan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Irjayanti, Widhi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2015) Kontribusi Kemampuan Berpikir Kreatif, Number Sense, Dan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (599kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9. NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (477kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis kontribusi kemampuan berpikir kreatif, number sense, dan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan 152 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 sebagai populasi, dengan sampel sebesar 110 siswa yang diambil melalui random sampling technique. Instrumen yang digunakan adalah angket kemampuan berpikir kreatif, tes number sense, dan angket komunikasi matematis yang kesemuanya sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat yang telah dilakukan meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan ganda. Uji hipotesis menggunakan Uji-t untuk uji hipotesis parsial dan Uji-F untuk uji hipotesis simultan. Hasil penelitian pada   5% menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika siswa dibuktikan dengan tobs = 4,067; (2) terdapat kontribusi number senseterhadap prestasi belajar matematika dibuktikan dengan tobs = 6,929; (3) terdapat kontribusi komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika dibuktikan dengan tobs = 2,302 dan (4) terdapat kontribusi kemampuan berpikir kreatif, number sense, dan komunikasi matematis secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dibuktikan dengan Fobs = 19,961.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, number sense, komunikasi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 27 May 2015 08:38
Last Modified: 09 Oct 2021 04:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33101

Actions (login required)

View Item View Item