Muatan Materi Sastra Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Inti – Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Triutami, Diah Ayuk and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M. Pd. (2015) Muatan Materi Sastra Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Dan Relevansinya Dengan Kompetensi Inti – Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (696kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) muatan materi sastra yang terdapat dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan (b) relevansi materi sastra dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII dengan Kompetensi Inti Kurikulum 2013, dan (c) relevansi materi sastra dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian analisis isi atau dokumen. Data berupa kata-kata, kalimat, paragraf dan wacana dalam buku teks berjudul Bahasa Indoensia Wahana Pengetahuan karangan Fairul Zabadi, dkk. untuk kelas VII SMP diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013. Teknik pengumpulan data dengan cara baca, simak, catat, dan pilah. Data dianalisis dengan teknik analisis isi (content analyz) dan teknik komparasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (a) muatan materi sastra yang disajikan dalam buku teks berupa puisi baru, puisi lama atau pantun, novel, cerita pendek, dan cerita rakyat yang didominasi oleh cerita pendek; (b) sebanyak 19 pokok bahasan sudah memberikan kegiatan dan penjelasan yang memadai dan dikatakan relevan dengan KI, sebanyak 6 pokok bahasan karena kurang fokus pada pencapaian KI artinya kurang relevan, dan sebanyak 3 pokok bahasan karena belum memberikan penjelasan dan kegiatan yang memadai untuk tercapainya KI artinya tidak relevan; (c) sebanyak 20 pokok bahasan berupa teks cerita pendek dikatakan relevan dengan KD, sebanyak 5 pokok bahasan kurang relevan dengan KD, dan sebanyak 3 pokok bahasan yaitu materi sastra yang dimuat dalam teks nonsastra artinya tidak relevan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: materi sastra, buku teks, kompetensi inti, kompetensi dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 08:18
Last Modified: 06 Oct 2021 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33093

Actions (login required)

View Item View Item