Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Materi Perkalian Dan Pembagian Melalui Metode Demonstrasi Benda Konkret Kelas Ii Semester 2 Sdn Muktiharjo 01 Pati Tahun 2014/2015

Murwati, Endang (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Materi Perkalian Dan Pembagian Melalui Metode Demonstrasi Benda Konkret Kelas Ii Semester 2 Sdn Muktiharjo 01 Pati Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Matematika materi perkalian dan pembagian melalui metode demonstrasi benda konkret pada siswa kelas II. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama melalui media benda konkret korek api dan lidi dan siklus kedua menggunakan media benda konkret mainan siswa yaitu stik es krim dan kelereng. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Muktiharjo 01, dengan subjek penelitian siswa kelas II dengan jumlah 27 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki dan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dan penggunaan metode demonstrasi benda konkret. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif.dengan cara pensekoran dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 22,7 dengan kategori baik dan siklus II memperoleh rata-rata skor 28,7 dengan kategori sangat baik. Prosentase motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 65% dan pada siklus II prosentasenya 82%. Siklus I prosentase ketuntasannya 44,4% atau 12 siswa yang tuntas dan siklus II ketuntasannya menjadi 81,5% atau 22 siswa yang tuntas. Data hasil penggunaan metode demonstrasi benda konkret pada siklus I memperoleh rata-rata skor 24 dengan kategori baik dan siklus II memperoleh rata-rata skor 31.5 dengan kategori sangat baik. Prosentase penggunaan metode demonstrasi benda konkret pada siklus I 69% dan pada siklus II prosentasenya 90%. Siklus I prosentase ketuntasannya indikator motivasi 65% dengan kategori baik dan belum tuntas, pada siklus II ketuntasannya rata-rata indikator motivasi menjadi 81,5% tuntas dan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri Muktiharjo 01 semester II tahun pelajaran 2014/2015 pada pelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi benda konkret dan penggunaan metode demonstrasi benda konkret dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran baik dari prakegiatan, kegiatan awal, inti, dan kegiatan akhir atau penutup sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan pembelajaran Matematika di SD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Perkalian dan Pembagian, Metode Demonstrasi, Benda Konkret
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tri Mulyati
Date Deposited: 26 May 2015 08:12
Last Modified: 26 May 2015 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33091

Actions (login required)

View Item View Item