PENGEMBANGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN APROKSIMASI KESALAHAN

WAHYUNINGSIH , DWI (2009) PENGEMBANGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN APROKSIMASI KESALAHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040012.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
A410040012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), prestasi belajar matematika yang dimaksud disini adalah kemampuan memahami materi pelajaran, kemampuan siswa mengerjakan soal-soal dan siswa mempunyai keinginan untuk bertanya kepada guru. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X TM SMK Muhammadiyah I Bawang kab. Batang yang berjumlah 40 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru Matematika dan subyek berkolaborasi dengan kepala sekolah dan peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan terdapat peningkatan Prestasi belajar siswa terhadap matematika yang meliputi: 1) memahami materi pelajaran yang sebelumnya 30% meningkat menjadi 75%. 2) siswa mengerjakan soal-soal yang sebelumnya 17,5% meningkat menjadi 68%. 3) siswa mempunyai keinginaan untuk bertanya kepada guru yang sebelumnya 22,5% meningkat menjadi 65%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran tipe STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran-matematika, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jun 2009 08:59
Last Modified: 16 Nov 2010 15:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3309

Actions (login required)

View Item View Item