Kesenjangan Antara Harapan Dan Kenyataan Tentang Penegakan Hukum Di Indonesia (Analisis Isi Buku Teks PPKn pada Materi Bab V Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI SMA/SMK dan Berita Media Online (Kompas.com))

Arianti, Tika and , Dra. Sri Arfiah, S.H., M.Pd (2015) Kesenjangan Antara Harapan Dan Kenyataan Tentang Penegakan Hukum Di Indonesia (Analisis Isi Buku Teks PPKn pada Materi Bab V Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XI SMA/SMK dan Berita Media Online (Kompas.com)). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. halaman depan pdf.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I pdf.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. naskah publikasi pdf.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan penegakan hukum di Indonesia terbitan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia kurikulum 2013 kelas XI SMA/SMK dan berita Media online (kompas.com). penelitian ini menggunakan sumber data buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI SMA/SMK terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia dan berita media online (kompas.com). Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan studi kepustakaan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harapan penegakan hukum di Indonesia dalam buku teks PPKn bab V terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia kelas XI SMA/SMK kurikulum 2013 yaitu penegakan pada norma, kebiasaan, dan adat istiadat, penegakan pada ketentuan yang berlaku dikehidupan masyarakat,penegakan pada ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bernegara, penegakan pada ketentuan yang berlaku dalam lingkungan sekolah, penegakan terhadap perlindungan HAM. Sedangkan kenyataan penegakan hukum di Indonesia dalam berita media online (kompas.com) yaitu penyimpangan terhadap norma, kebiasaan, dan adat istiadat, penyimpangan terhadap ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, penyimpangan terhadap ketentuan yang berlaku dalam kehidupan bernegara, penyimpangan terhadap ketentuan yang berlaku dalam lingkungan sekolah, penyimpangan terhadap perlindungan HAM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks PPKn, Media Online (Kompas.com), Penegakan Hukum di Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 05:28
Last Modified: 12 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33086

Actions (login required)

View Item View Item