Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Pada Anak Di Keluarga Single Parent (Studi Kasus di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo)

Ferani, Ita (2015) Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Pada Anak Di Keluarga Single Parent (Studi Kasus di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (588kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (348kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter tanggung jawab pada anak dalam keluarga single parent di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo, 2) untuk mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter disiplin pada anak dalam keluarga single parent di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo, 3) untuk mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak dalam keluarga single parent di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo, 4) untuk mendeskripsikan solusi yang dilakukan terhadap faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak dalam keluarga single parent di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus. Objek penelitian ini adalah pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin dengan subjek penelitian adalah anak dari keluarga single parent dan single parent di Desa Bowan Rt. 03/05 Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin anak dalam keluarga single parent yaitu dengan melakukan tugas dengan sepenuh hati, melaporkan apa yang menjadi tugas, anak selalu mengerjakan tugas baik secara individu ataupun kelompok, menggunakan waktu datang dan pulang dengan tepat. Faktor penghambat pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anak yaitu rasa tidak senang dengan tugas yang ada, tidak percaya diri anak untuk melaporkan hasil tugas, keseringan bermain di luar rumah setelah pulang sekolah, anak malas belajar, sering lupa dengan tugas, teknologi canggih yang disalahgunakan dan anak telat pulang sekolah. Solusi yang dilakukan yaitu dengan membiasakan anak dari single parent untuk berdoa dengan niatan dari hati sebelum melakukan tugas, anak diajarkan sejak kecil untuk bertanggung jawab atas apa yang harus dilakukan, single parent mengawasi dan memberikan dorongan kepada anak untuk disiplin terhadap tugas, mengawasi penggunaan alat-alat yang menunjang belajar, memperhatikan jadwal anak di dalam maupun di luar sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, karakter, tanggung jawab, disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 05:18
Last Modified: 26 May 2015 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33085

Actions (login required)

View Item View Item