Penanaman Nilai-Nilai Kreatif Dan Cinta Tanah Air Pada Seni Tari (Studi Kasus Sanggar Seni Sekar Jagad Desa Kotakan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo)

Utami, Dian (2015) Penanaman Nilai-Nilai Kreatif Dan Cinta Tanah Air Pada Seni Tari (Studi Kasus Sanggar Seni Sekar Jagad Desa Kotakan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, kendala dan solusi penanaman nilai-nilai kreatif dan cinta tanah air pada seni tari di Sanggar Seni Sekar Jagad. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu hasil temuannya untuk memberikan gambaran mengenai penanaman nilai-nilai kreatif dan cinta tanah air pada seni tari (studi kasus Sanggar Seni Sekar Jagad Desa Kotakan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpula data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penanaman nilai kreatif yang dilakukan guru atau pengelola sanggar yaitu dengan cara memotivasi siswa untuk melatih gerakan dengan baik, sungguh-sungguh, selalu berjuang, kerja keras, yakin pada diri sendiri, tidak putus asa, tidak ragu-ragu melakukan sesuatu, mengenalkan kebudayaan daerah khususnya seni tari kepada anak didik atau penari. Bentuk penanaman nilai cinta tanah air yang dilakukan guru atau pengelola sanggar yaitu dengan cara ikut berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan, bangga menjadi orang indonesia, memahami sejarah kebudayaan, belajar dengan sungguh-sungguh, saling menghargai kebudayaan yang lain. Kendala dari masing-masing guru atau pelatih dalam menanamkan nilainilai kreatif dan cinta tanah air bermula dari murid. Masih ada murid yang tidak percaya diri dalam melakukan gerakan tari di depan orang banyak, kesulitan dalam menirukan gerakan tari, kurang yakin pada diri sendiri, sifat malas yang dimiliki pada setiap idividu, kurangnya motivasi atau dorongan orang tua, kurang memahami atau mengenal sejarah tentang kebudayaan. Solusi dari masing-masing masalah dalam menanamkan nilai-nilai kreatif dan cinta tanah air pada seni tari di Sanggar Seni Sekar Jagad berusaha dilakukan oleh guru dan juga murid. Guru selalu memberikan motivasi kepada anak didik agar tekun dalam berlatih, lebih kreatif dalam menciptakan gerakan tari, serta memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang pentingnya kebudayaan Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, nilai-nilai kreatif dan cinta tanah air, seni tari, sanggar seni.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 05:12
Last Modified: 26 May 2015 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33084

Actions (login required)

View Item View Item