Penanaman Karakter Kreatif Dan Mandiri Pada Mulok Seni Ukir (Studi Kasus pada siswa SMP Islam Sultan Agung 3 Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015)

Kurniawan, Jauhar Wahyu and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2015) Penanaman Karakter Kreatif Dan Mandiri Pada Mulok Seni Ukir (Studi Kasus pada siswa SMP Islam Sultan Agung 3 Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan penanaman karakter kreatif dan mandiri pada mulok (muatan lokal) seni ukir di SMP Islam Sultan Agung 3 Jepara. 2) menjelaskan kendala dalam penanaman karakter kreatif dan mandiri pada pada mulok (muatan lokal) seni ukir di SMP Islam Sultan Agung 3 Jepara. 3) mendiskripsikan solusi dalam penanaman karakter kreatif dan mandiri pada pada mulok (muatan lokal) seni ukir di SMP Islam Sultan Agung 3 Jepara. mendiskripsikan penanaman karakter kreatif dan mandiri pada mulok seni ukir di SMP Islam Sultan Agung 3 Jepara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari informan atau narasumber, peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi, pertama trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data. Analisisnya menggunakan model analisis interaktif yang digunakan untuk memaparkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan indikator karakter kreatif dapat dilihat bahwa pihak sekolah berusaha dengan maksimal guna menanamkan sifat Originality, Flexibilitas, Fluency melalui pemebelajaran seni ukir. indikator karakter kemandirian dapat dilihat bahwa pihak sekolah berusaha dengan maksimal guna menanamkan sifat Selalu bersikap dan berperilaku yang lebih mengandalkan terhadap inisiatif, Menghindari diri dari sikap ketergantungan pada orang lain melalui pemebelajaran seni ukir terhadap para siswa SMP Islam Sultan Agung 3 Jepara. 2) kendala yang dihadapi adalah a) siswa belum memiliki tingkat kreatifitas b) masih sering bergantung pada orang lain. 3) solusi untuk menghadapi adalah a) memberikan bimbingan dan arahan b) menumbuhkan rasa percaya diri atas kreatifitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreatif, mandiri, Seni Ukir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 04:37
Last Modified: 12 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33083

Actions (login required)

View Item View Item