Penanaman Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Keras Di Desa Jati Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Produksi Intip)

Widyasmara, Fita (2015) Penanaman Karakter Tanggung Jawab Dan Kerja Keras Di Desa Jati Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Produksi Intip). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (553kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, kendala, dan solusi penanaman karakter tanggung jawab dan kerja keras di Desa Jati Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen pada Industri Rumah Tangga Produksi Intip. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif, yaitu hasil temuan untuk memberikan gambaran mengenai penanaman karakter tanggung jawab dan kerja keras pada industri rumah tangga produksi Intip di Desa Jati Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui trianggulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penanaman karakter tanggung jawab dan kerja keras pada Industri Rumah Tangga Produksi Intip yaitu memberikan pengarahan kepada kariawan akan tugas dan tanggung jawabnya, mampu mengambil langkah dengan tepat, memberikan contoh yang baik kepada kariawan,mampu memanajemen waktu kerja dengan baik dan meningkatkan kualitas hasil produksinya. Kendala penanamkan karakter tanggung jawab dan kerja keras bermula dari pemilik dan kariawan. Masih ada kariawan yang mengobrol sendiri karena kurangnya pengawasan dari pemilik industri, manajemen waktu kerja yang kurang baik dari kariawan dan persaingan antar pedagang Intip. Solusi dari masingmasing masalah dalam menanamkan karakter tanggung jawab dan kerja keras pada Industri Rumah Tangga Produksi Intip di Desa Jati Kecamtan Sumberlawang Kabupaten Sragen berusaha dilakukan oleh pemilik dan juga kariawan. Pemilik Industri selalu memberika pelatihan dan arahan kepada kariawan, begitu juga kariawan selalu berusaha membuat hasil produksi Intip yang berkualitas bagus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penenaman karakter, tanggung jawab dan kerja keras, Industri rumah tangga produksi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 04:30
Last Modified: 26 May 2015 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33082

Actions (login required)

View Item View Item