Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Sosial Dan Santun Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah (Studi Kasus di SMK Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Setiawan Jody, Bagus Dwi Andhika Pras and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2015) Penanaman Pendidikan Karakter Peduli Sosial Dan Santun Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah (Studi Kasus di SMK Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanaman pendidikan karakter peduli sosial dan santun peserta didik melalui budaya sekolah di SMK Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik atau metode pengumpulan data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli sosial dan santun selalu ditanamkan oleh pihak SMK Negeri 8 Surakarta kepada peserta didik melalui budaya sekolah. Bentuk penanaman yang dilakukan SMK Negeri 8 Surakarta dalam menanamkan pendidikan karakter peduli sosial dan santun, yaitu dengan melakukan bimbingan rutin setiap hari Senin oleh wali kelas masingmasing, percontohan atau suri tauladan dari bapak ibu guru, program-program sekolah, kerja sama pihak sekolah SMK Negeri 8 Surakarta dengan seluruh komponen yang ada di dalam maupun di luar sekolah, menanamkan budaya salaman, menanamkan budaya 3S (senyum, salam, sapa), MOS, kegiatan outing class, dan mengadakan pagelaran rutin setiap bulan (seloso kliwon, pitulasan, nemlikuran, pitulikuran dan songolikuran). Hal ini selalu dilakukan supaya kebijakan dan program-program yang sudah menjadi tradisi dan budaya sekolah di SMK Negeri 8 Surakarta dapat menanamkan pendidikan karakter peduli sosial dan santun kepada peserta didik. Kendala yang dihadapi SMK Negeri 8 Surakarta dalam menanamkan pendidikan karakter peduli sosial dan santun peserta didik melalui budaya sekolah, yakni pertama berasal dari sebagian pihak guru selaku pengajar yang kurang pahamterhadap karakter dari peserta didik, sehingga menyababkan proses penanganan kurang maksimal, selain itu kendala yang kedua berasal dari sebagian peserta didik yang masih bersifat acuh tak acuh, susah diatur, dan kurang bisa bekerja sama dalam menyukseskan program-program yang dilaksanakan pihak sekolah sebagai upaya penanaman pendidikan karakter peduli sosial dan santun kepada mereka. Solusi untuk mengatasi kendala dalam menanamkan pendidikan karakter peduli sosial dan santun peserta didik melalui budaya sekolah di SMK Negeri 8 Surakarta, yakni dengan menjalain kerja sama pihak sekolah SMK Negeri 8 Surakarta dengan seluruh komponen yang ada di dalam maupun di luar sekolah, serta rutin mengadakan pertemuan dengan bapak ibu untuk membahas tentang permasalahan yang ada. Permasalahan yang telah ditemukan kemudian dicarikan solusi terbaik, sehingga dapat memaksimalkan penanaman pendidikan karakter peduli sosial dan santun peserta didik melalui budaya sekolah di SMK Negeri 8 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, pendidikan karakter, peduli sosial, santun.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 03:44
Last Modified: 12 Oct 2021 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33078

Actions (login required)

View Item View Item