Analisis Kepuasan Nasabah Koperasi Serba Usaha “Sasta Dana” Teras, Boyolali Ditinjau Dari Produk Yang Ditawarkan Dan Kualitas Pelayanan Tahun 2015

Rahni Dewi, Enggal Ardy and , Drs. Sudarto HS, M.M. (2015) Analisis Kepuasan Nasabah Koperasi Serba Usaha “Sasta Dana” Teras, Boyolali Ditinjau Dari Produk Yang Ditawarkan Dan Kualitas Pelayanan Tahun 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (795kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh produk yang ditawarkan dengan tingkat kepuasan nasabah Koperasi Serba Usaha (KSU) Sasta Dana Teras, Boyolali. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah Koperasi Serba Usaha (KSU) Sasta Dana Teras, Boyolali. 3) Untuk mengetahui pengaruh produk yang ditawarkan dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah Koperasi Serba Usaha (KSU) Sasta Dana Teras, Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di KSU “Sasta Dana” Teras, Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang berjumlah 2342. Sampel diambil sebanyak 100 nasabah dengan teknik sampel nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji f, selain itu juga dilakukan perhitungan sumbangan relative (SR) dan sumbangan efektif (SE). Hasil analisi regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 61,818 + 0,237.X1 + 0,220.X2 yang artinya kepuasan nasabah dipengaruhi oleh produk yang ditawarkan dan kualitas pelayanan. Pada angka 61,818, berarti jika tidak ada produk yang ditawarkan dan kualitas pelayanan, maka kepuasan nasabah akan sama dengan 61,818, jika skor produk yang ditawarkan meningkat satu poin maka skor kepuasan nasabah akan meningkat 0,237 (dengan asumsi variabel kualitas pelayanan dianggap konstan) dan jika skor kualitas pelayanan meningkat satu poin maka skor kepuasan nasabah akan meningkat 0,220 (dengan asumsi variabel produk yang ditawarkan dianggap konstan. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif produk yang ditawarkan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,046 > 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,632 > 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif antara Produk yang ditawarkan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji F diperoleh fhitung > ftabel yaitu 61,905 > 2,358 nilai signifikansi < 0,1, yaitu 0,000. 4) Variabel tentang produk yang ditawarkan memberikan sumbangan relatif sebesar 68,1% dan sumbangan efektif 45,8%. Variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan relatif sebesar 6,8% dan sumbangan efektif 9,7%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel produk yang ditawarkan memiliki kontribusi yang lebih tinggi terhadap kepuasan nasabah dibandingkan variabel kualitas pelayanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan nasabah, produk yang ditawarkan dan kualitas pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 03:21
Last Modified: 11 Oct 2021 04:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33075

Actions (login required)

View Item View Item