Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ilmu Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 1 MAN 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

A’Yuni, Anni Qurrotul and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2015) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ilmu Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 1 MAN 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (841kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X IPS 1 MAN 1 Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru ekonomi dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa kelas X IPS 1 adalah subyek penerima tindakan yang berjumlah 29 siswa dan guru ekonomi sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata penguasaan konsep siswa sebesar 28,74%. Pada siklus I rata-rata penguasaan konsep siswa meningkat 62,07%. Pada siklus II rata-rata penguasaan konsep siswa meningkat sebesar 82,76%. Hal ini berarti peningkatan penguasaan konsep siswa melebihi indikator keberhasilan ≥75%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan konsep, model pembelajaran problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2015 02:42
Last Modified: 11 Oct 2021 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33071

Actions (login required)

View Item View Item