Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) (PTK Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Kayen Pati Tahun Ajaran 2014/2015)

Rochmawati, Latifah Fathur and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2015) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) (PTK Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Kayen Pati Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (500kB)

Abstract

Tujuan penelitian, untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas X MIA 3 semester ganjil SMA Negeri 1 Kayen Pati melalui metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan metode alur yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari indikator komunikasi: (1) siswa mampu menyatakan ide melalui tulisan/ lisan ataupun gambar dari 15 siswa (34,09%) setelah tindakan menjadi 30 siswa (68,18%), (2) siswa mampu menjawab pertanyaan dari 13 siswa (29,55%) setelah tindakan menjadi 32 siswa (72,72%), (3) siswa mampu mengajukan pertanyaan dari 10 siswa (22,73%) setelah tindakan menjadi 28 siswa (63,63%), dilihat dati indikator hasil belajar matematika, siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM 75) dari 16 siswa (36,36%) setelah tindakan menjadi 33 siswa (75%). Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CPS dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas X MIA 3 semester ganjil SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi; hasil belajar; creative problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2015 04:51
Last Modified: 09 Oct 2021 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item View Item