UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOAL LATIHAN DI DEPAN KELAS MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Darussalam Surakarta)

PALUPI , ANTENG RETNO (2009) UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA MENGERJAKAN SOAL-SOAL LATIHAN DI DEPAN KELAS MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Darussalam Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040006.pdf

Download (159kB)
[img] PDF
A410040006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

Keberanian siswa itu penting, namun realitanya belum seperti yang diharapkan. Alternatif solusinya adalah melalui pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan: 1) Meningkatkan keberanian siswa mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas melaui pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, 2) Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Darussalam Surakarta tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, test, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah: 1) Adanya peningkatan keberanian siswa yaitu sebelum tindakan 16,1%, pada putaran I 30,35%, pada putaran II 49,1%, pada putaran III 74,1%, 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas yaitu sebelum tindakan 25%, pada putaran I 28,57%, pada putaran II 50%, dan pada putaran III 78,57%. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, siswa hendaknya lebih berani dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sehingga akan dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian, pendekatan konstruktivisme, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jun 2009 08:50
Last Modified: 02 May 2011 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item