Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PTK pada siswa kelas VII semester genap SMP N 1 Ngemplak)

Khasanah, Fadhilah Munawaroh and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2015) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PTK pada siswa kelas VII semester genap SMP N 1 Ngemplak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (468kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP N 1 Ngemplak Boyolali dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VIIA yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dapat dilihat dari 1) Siswa mampu menyatakan ide matematika melalui lisan dari (12,5%) meningkat menjadi (65,625%), 2) Siswa mampu menuliskan ide matematika dari (9.375%) meningkat menjadi (62,5%), 3) Siswa mampu menjelaskan konsep-konsep matematika dari (12,5%) meningkat menjadi (71,875%). Adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari 1) Siswa mampu mengklasifikasikan obyek-obyek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dari (12,5%) meningkat menjadi (68.75%), 2) Siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep dari (15.625%) meningkat menjadi (68.75%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2015 04:43
Last Modified: 09 Oct 2021 04:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33059

Actions (login required)

View Item View Item