Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Novitasari, Tri and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
4 BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
5 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
6 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab IV)
7 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] PDF (Bab V)
8 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan masing-masing kategori model pembelajaran, aktivitas belajar matematika dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. Penambilan sempel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sempel penelitian ini adalah 36 siswa kelas XC dikenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa kelas D dikenai model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebagai kelompok kontrol. Sebelum perlakuan dilakukan uji keseimbangan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan angket. Uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). (2) Prestasi belajar matematika siswa denan aktivitas belajar tingi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar rendah. (3) pada masing-masing aktivitas belajar siswa model pembelajaran Problem Based learning (PBL) memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PBL,PjBL, Aktivitas belajar dan Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2015 04:00
Last Modified: 09 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33055

Actions (login required)

View Item View Item