Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Penggunaan Media Pembelajaran Guru Dan Frekuensi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2014/2015

UTARI, SHYNTIA AYU and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2015) Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Penggunaan Media Pembelajaran Guru Dan Frekuensi Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (923kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Dafatar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (749kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ekonomi ditinjau dari penggunaan media pembelajaran guru. 2) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ekonomi ditinjau dari frekuensi belajar. 3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ekonomi ditinjau dari penggunaan media pembelajaran guru dan frekuensi belajar. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan sampel 155 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian dua arah. Berdasarkan dari analisis varian dua arah didapatkan hasil sebagai berikut: 1) variabel penggunaan media pembelajaran guru dibagi menjadi dua kriteria yaitu, a) Intensitas tinggi > 44,68 sebanyak 80 siswa dan b) Intensitas rendah < 44,68 sebanyak 75 siswa. 2) variabel frekunsi belajar dibagi menjadi tiga kriteria yaitu, a) tinggi = 56,30-62,52 sebanyak 17 siswa b) sedang = 50,08-37,64 sebanyak 135 siswa c) rendah = 31,42-25,20 sebanyak 3 siswa. 3) pengujian hipotesis pertama Fhitung 0,509 probabilitas 0,477dan Ftabel 3,083 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,509< 3,083 dan 0,477 > 0,05, 4) pengujian hipotesis kedua Fhitung 0,822 probabilitas 0,442dan Ftabel 3,083 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,822 < 3,083 dan 0,442 > 0,05, 5) pengujian hipotesis ketiga Fhitung 0,069 probabilitas 0,934 dan Ftabel 3,083 dengan nilai signifikansi 0,05 sehingga 0,069 < 3,083 dan 0,934 > 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan, 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar ekonomi berdasarkan penggunaan media pembelajaran guru. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,509 < 3,083 dan 0,477> 0,05, 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar ekonomi berdasarkan frekuensi belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,822 < 3,083dan 0,442 > 0,05, 3) tidak ada perbedaan prestasi belajar ekonomi berdasarkan penggunaan media pembelajaran guru dan frekuensi belajar. Hal ini terbukti dengan perhitungan Fhitung < Ftabel dan probabilitas > nilai signifikansi atau 0,069 < 3,083 dan 0,934 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, media pembelajaran dan frekuensi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 May 2015 08:53
Last Modified: 11 Oct 2021 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33047

Actions (login required)

View Item View Item