Profesionalisme Guru Ditinjau Dari Pendidikan Dan Latihan (Diklat) Serta Pengalaman Mengajar Di SMP Negeri Se-Kecamatan Delanggu Tahun 2014

KOMALASARI, FEBYANA PUTRI and , Drs. Djalal Fuadi, M.M (2015) Profesionalisme Guru Ditinjau Dari Pendidikan Dan Latihan (Diklat) Serta Pengalaman Mengajar Di SMP Negeri Se-Kecamatan Delanggu Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah pendidikan dan latihan berpengaruh terhadap profesionalisme guru di SMP Negeri se-Kecamatan Delanggu tahun 2014. 2) Apakah pengalaman mengajar berpengaruh terhadap profesionalisme guru di SMP Negeri se-Kecamatan Delanggu tahun 2014. 3) Apakah pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar berpengaruh terhadap profesionalisme guru di SMP Negeri se-Kecamatan Delanggu tahun 2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang telah tersertifikasi di SMP Negeri se-Kecamatan Delanggu yang berjumlah 131 guru, dengan sampel 95 guru yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Sebelumnya angket yang telah diuji-cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y=9,759+0,304 X1+0,370 X2 yang artinya profesionalisme guru dipengaruhi oleh pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar. Kesimpulan yang diperoleh: 1) Ada pengaruh pendidikan dan latihan terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung>ttabel, yaitu 2,424> 1,9860 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 2) Ada pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung>ttabel, yaitu 3,123> 1,9860 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Ada pengaruh pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Hal ini berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung>Ftabel, yaitu 7,002 > 3,10 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 4) variabel pendidikan dan latihan memberikan sumbangan efektif sebesar 4,75%, variabel pengalaman mengajar memberikan sumbagan efektif sebesar 8,45% total sumbangan efektif adalah sebesar 13,2%, sehingga dapat dikatakan bahwa pengalaman mengajar lebih dominan mempengaruhi profesionalisme guru. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,132 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru adalah sebesar 13,2% sedangkan 86,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan dan latihan, pengalaman mengajar, profesionalisme guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 May 2015 08:45
Last Modified: 11 Oct 2021 02:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33046

Actions (login required)

View Item View Item