Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan Pada PT. Tiga Serangkai Surakarta Tahun 2014

PUSPITASARI, ERNA (2015) Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan Pada PT. Tiga Serangkai Surakarta Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (672kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menguji pengaruh karakteristik individu terhadap loyalitas kerja karyawan pada PT. Tiga Serangkai Surakarta. 2) Untuk menguji pengaruh lingkungan kerja terhadap loyalitas kerja karyawan pada PT. Tiga Serangkai. 3) Untuk menguji pengaruh karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap loyalitas kerja karyawan pada PT. Tiga Serangkai Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penelitian ini mengambil lokasi di PT. Tiga Serangkai Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Tiga Serangkai yang berjumlah 110 karyawan dan jumlah sampel yang diambil 84 responden dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,1) Ada pengaruh karakteristik individu terhadap loyalitas kerja karyawan pada PT. Tiga Serangkai Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung≥ ttabel, yaitu 3200 ≥ 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 2) Ada pengaruh lingkungan kerja terhadap loyalitas kerja karyawan pada PT. Tiga Serangkai Surakarta. Berdasarkan uji t diperoleh thitung ≥ ttabel, yaitu 2,311 ≥ 1,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023. 3) Ada pengaruh positif karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap loyalitas kerja karyawan pada PT. Tiga Serangkai Surakarta. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung ≥ Ftabel, yaitu 9,556 ≥ 3,109 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel karakteristik individu memberikan sumbangan relatif sebesar 63,2% dan sumbangan efektif 12,1%. Variabel lingkungan kerja memberikan sumbangan relatif sebesar 36,8% dan sumbangan efektif 7%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif Nampak bahwa variabel karakteristik individu memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas kerja karyawan pada PT. Tiga Serangkai Surakarta dibandingkan variabel lingkungan kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: loyalitas kerja, karakteristik individu, dan lingkungan kerja
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 May 2015 07:53
Last Modified: 20 May 2015 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33044

Actions (login required)

View Item View Item