Implementasi Peran Dan Fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK ) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus pada LPMK Kelurahan Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta dalam Perspektif Perda Kota Surakarta Nomor 11 Tahun 2011)

Irawan, Endra Purna (2015) Implementasi Peran Dan Fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK ) Sebagai Upaya Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus pada LPMK Kelurahan Joyosuran Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta dalam Perspektif Perda Kota Surakarta Nomor 11 Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (822kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (350kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan implementasi peran LPMK sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Joyosuran Surakarta. 2. Mendeskripsikan implementasi fungsi LPMK sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Joyosuran Surakarta. 3. Mendeskripsikan kendala-kendala yang ditemukan dalam implementasi peran dan fungsi LPMK sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan masyarakat Kelurahan Joyosuran Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan atau narasumber, peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen atau arsip. Untuk keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan dan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisisnya menggunakan analisis interaktif yang digunakan untuk memaparkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian adalah: 1. Peran LPMK menyusun rencana pembangunan dari berbagai bidang bersama masyarakat, menggerakkan swadaya gotong-royong dalam perbaikan di linkungan kelurahan, mengendalikan pembangunan sekaligus mengealuasi apakah sudah sesuai dengan yang dierncanakan. 2. Fungsi LPMK antara lain bisa membantu dalam pelayanan birokrasi masyarakat dengan kelurahan, penyalur aspirasi yang bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 3. Kendala-kendala antara lain adalah masyarakat yang mempunyai kesibukan dari masyarakat serta minimnya dana dari pemerintah dalam melaksanakan setiap kegiatan yang bisa menghambat kerja LPMK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran dan fungsi, LPMK Joyosuran, pemberdayaan masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 May 2015 04:16
Last Modified: 20 May 2015 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33037

Actions (login required)

View Item View Item