Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab (Studi Kasus pada Kegiatan Ektrakurikuler Paskibra di SMA Negeri 1 Sragen)

Fitahapsari, Yuyun (2015) Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab (Studi Kasus pada Kegiatan Ektrakurikuler Paskibra di SMA Negeri 1 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (982kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra di SMA Negeri 1 Sragen, 2) Mendeskripsikan hambatan dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra di SMA Negeri 1 Sragen, 3) Mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra di SMA Negeri 1 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wakasek kesiswaan, anggota osis seksi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (KBB), dan anggota ekstrakurikuler paskibra SMA Negeri 1 Sragen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik atau metode pengumpulan data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) karakter disiplin yang ditanamkan pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra yaitu dengan tepat waktu mengikuti latihan sampai selesai setiap hari jum’at, selalu memakai seragam latihan lengkap dan atributnya, anggota selalu hadir mengikuti latihan rutin setiap hari jum’at, dan anggota selalu mengikuti intruksi baris berbaris secara tanggap. 2) karakter tanggung jawab yang ditanamkan pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra yaitu dengan cara anggota selalu melaksanakan pemanasan tanpa disuruh seperti lari dan push up, mengikuti latihan tanpa paksaan dari siapapun, dan selalu jujur melaksanakan pemanasan, latihan PBB, dan Tata Upacara Bendera (TUB). 3) Hambatan dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab yaitu anggota paskibra mengikuti pramuka dahulu maka dari untuk memulai latihan paskibra menjadi tidak tepat waktu karena siswa kurang cepat persiapan ke lapangan. 4) upaya untuk mengatasi hambatan yaitu dengan memperpanjang waktu latihan, dan member masukan kepada pelatih pramuka agar selesai tepat waktu dan kepada anggota paskibra agar mempercepat persiapan ke lapangan latihan ekstrakurikuler paskibra. Hal tersebut dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab serta solusi mengatasi hambatan sudah dilaksanakan dengan baik, bersemangat, dan lancar oleh semua anggota paskibra SMA Negeri 1 Sragen,

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penanaman, karakter, disiplin, tanggung jawab, kstrakurikuler, paskibra.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 May 2015 03:12
Last Modified: 20 May 2015 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33034

Actions (login required)

View Item View Item