Upaya meningkatkan kecerdasan emosi anak melalui relaksasi pada anak kelompok B di TK kemala bhayangkari 71 Karanganyar tahun ajaran 2014-2015

SETIAWAN, MUHAMAD and , Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD (2015) Upaya meningkatkan kecerdasan emosi anak melalui relaksasi pada anak kelompok B di TK kemala bhayangkari 71 Karanganyar tahun ajaran 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (522kB)
[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Metode relaksasi merupakan metode yang menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini yang akan belajar untuk mengelola emosi diri sindiri dan orang lain. Realitas yang terjadi dalam kegiatan belajar di taman kanak-kanak monoton dalam meningkatkan kecerdasan emosi anak. Metode yang digunakan tidak mengajari untuk peran aktif dalam setiap kegiatan yang diberikan guru, anak hanya duduk dan memperhatikan guru bercerita tanpa adanya variasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak di TK Kemala Bhayangkari 71 Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 16 anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 71 Karanganyar. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan metode relaksasi dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak di TK Kemala Bhayangkari 71 Karanganyar. Adapun peningkatan rata-rata prosontase kecerdasan emosi anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus 2 yakni prasiklus 51,96%, siklus I mencapai 66,80%, siklus II mencapai 84,18 %. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kecerdasan emosi anak dengan metode relaksasi di TK Kemala Bhayangkari 71 Karanganyar Tahun Ajaran 2014-2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, relaksasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 07:54
Last Modified: 08 Oct 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33008

Actions (login required)

View Item View Item