Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Pada Anggota Marching Band Purna Paskibraka Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014

Ramdhani, Tonny Fajar (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Pada Anggota Marching Band Purna Paskibraka Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (920kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (563kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anggota Marching Band purna Paskibraka Kabupaten Sukoharjo tahun 2014. 2)Mengetahui kendala yang menghambat dalam proses implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anggota Marching Band purna Paskibraka Kabupaten Sukoharjo tahun 2014. 3)Mendeskripsikan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala-kendala proses implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anggota Marching Band purna Paskibraka Kabupaten Sukoharjo tahun 2014. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin selalu diupayakan dalam kegiatan Marching Band Purna Paskibraka Kabupaten Sukoharjo. Adapun cara untuk melakukan pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin pada anggota Marching Band adalah dengan membiasakan karakter tanggung jawab dan disiplin yang dilakukan oleh pelatih atau guru dengan berbagai bentuk kegiatan dan metode masingmasing. Kendala yang dialami oleh pelatih dalam melakukan pendidikan karakter tanggung jawab dan disiplin antara lain adanya kepentingan tiap anggota diluar kegiatan latihan seperti kegiatan praktek sekolah, kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan kemasyarakatan sehingga kegiatan latihan Marching Band kurang maksimal. Solusi yang digunakan dalam menghadapi kendala-kendala implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab yang dilakukan pelatih antara lain dengan memberikan tutorial kepada anggota yang berhalangan hadir latihan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tanggung jawab, Disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 May 2015 02:41
Last Modified: 20 May 2015 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33000

Actions (login required)

View Item View Item