Upaya Pembentukan Pribadi Unggul Melalui Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Komariyah, Siti and , Dra. Chusniatun, M.Ag, and , Drs. Zaenal Abidin M.Pd (2015) Upaya Pembentukan Pribadi Unggul Melalui Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah publikasi)
11. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (547kB)
[img] PDF (Halaman depan)
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
2. BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab 2)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab 3)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab 4)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab 5)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab 6)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Surat pernyataan)
12. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)

Abstract

Dewasa ini di lingkungan masyarakat sering kita temui remaja sekolah menengah yang mengalami kemerosotan moral. Hal ini terlihat dari kepribadian dan sikap mereka sehari-hari seperti, kurang menghargai orang yang lebih tua, belum bisa menggunakan bahasa dengan baik dan benar, perilaku yang masih banyak menyimpang dari norma agama, dan masih banyak yang melakukan pacaran diluar batas. Umumnya perilaku ini dilakukan oleh remaja yang memasuki masa akhir, dimana pada masa itu kenakalannya semakin memuncak. Oleh karena itu pendidikan karakter penting ditanamkan kepada mereka agar kenakalan remaja seperti yang di atas dapat ditanggulangi. Kepribadian dan sikap kurang baik di atas juga terlihat pada siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta, khususnya kelas XI. Faktanya, di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta ditemukan siswa-siswi kelas XI yang menggunakan bahasa kurang sopan terhadap guru, kurang menghargai orang yang lebih tua, dan perilaku yang menyimpang dari norma agama, misalnya tidak melaksanakan sholat lima waktu, adanya siswa-siswi yang brpacaran dengan yang berbeda agama. Dalam penelitian ini mencari tentang apa saja upaya yang dilakukan dalam pembentukan pribadi unggul melalui pendidikan karakter, dan bertujuan mendiskripsikan apa saja upaya pembentukan pribadi unggul lebih mendalam. Melalui field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. ditemukan “Upaya Pembentukan Pribadi Unggul Melalui Pendidikan Karakter Bagi Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta” diawali dengan dasar dan tujuan pembentukan pribadi unggul sebagai dasar pembentukan pribadi unggul pada siswa. Nilai-nilai pribadi unggul yang dikembangkan keseluruh program kegiatan sekolah. Faktor-faktor yang bisa membentuk pribadi unggul pada siswa, dimensi pribadi unggul yang ada pada diri siswa, dan strategi pembentukan pribadi unggul yang dilaksanakan melalui internalisasi 10 muwassofat pribadi muslim yang mana terdapat pada kegiatan pengembangan siswa, keseluruhan mata pelajaran yang ditambahi materi Islamisasi, dan budaya sekolah, dan ditemukan bahwa siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Surakarta sudah memiliki pribadi unggul ini dibuktikan bahwa siswa kelas XI sudah bisa mengatasi masalah dalam dirinya sendiri, seperti melaksanakan sholat berjama‟ah ketika waktunya sholat, sopan terhadap guru dan orang yang lebih tua, dan menjalankan semua kegiatan yang sudah dibuat sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan pribadi unggul, Pendidikan karakter.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000110088
Date Deposited: 08 May 2015 01:54
Last Modified: 12 Oct 2021 14:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32984

Actions (login required)

View Item View Item