Campur Kode Pada Wacana Iklan Di Harian Suara Merdeka Edisi September-Oktober 2014 Kajian Sosiolinguistik

Sulistiani, Destya Pratama and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M. Hum. (2015) Campur Kode Pada Wacana Iklan Di Harian Suara Merdeka Edisi September-Oktober 2014 Kajian Sosiolinguistik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (539kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (863kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014, (2) Mendeskripsikan faktor penyebab campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah campur kode pada wacana iklan harian Suara Merdeka edisi September-Oktober 2014. Sumber data dari penelitian ini adalah wacana iklan di harian Suara Merdeka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Metode penelitian ini menggunakan metode padan intralingual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk campur kode pada wacana iklan di harian Suara Merdeka Edisi September-Oktober 2014 meliputi campur kode berupa bentuk kata yaitu kata benda terdiri dari 7 campur kode, kata sifat terdiri dari 11campur kode, kata kerja terdiri dari 10 campur kode, dan kata keterangan terdiri dari 2 campur kode. Campur kode berupa bentuk frasa yaitu frasa nomina terdiri dari 16 campur kode, frasa adjektiva terdiri dari 7 campur kode, dan frasa verba terdiri dari 4 campur kode. Campur kode berupa bentuk klausa terdiri dari 11campur kode. Campur kode berupa bentuk kalimat terdiri dari 2 campur kode. Jadi data yang telah diteliti sebanyak 70 campur kode. Faktor penyebab campur kode adalah sikap, kebiasaan, dan kebahasaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: campur kode, wacana iklan, harian Suara Merdeka.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Unnamed user with username a310110097
Date Deposited: 08 May 2015 01:46
Last Modified: 06 Oct 2021 14:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32983

Actions (login required)

View Item View Item