Pengaruh Jam Belajar Masyarakat Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 02 Kalisoro Tahun Ajaran 2014/2015

DARMA, ADITYA (2015) Pengaruh Jam Belajar Masyarakat Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 02 Kalisoro Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
1 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (761kB)
[img] PDF (Bab I)
4 BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Bab II)
5 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab III)
6 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Bab IV)
7 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (Bab V)
8 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
2 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jam belajar masyarakat, fasilitas belajar, jam belajar masyarakat dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 02 Kalisoro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis stasistik. PopulasI penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi (IV, V, VI) SD Negeri 02 Kalisoro yang berjumlah 41 siswa . Sampel penelitian ini menggunakan sampel populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, SR dan SE yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 43,040+ 0,260X1+ 0,308X2. Hasil analisis data taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Jam belajar masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,151 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,038 dengan sumbangan relatif sebesar 42,6% dan sumbangan efektif sebesar 16,8%. (2) Fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,703 > 2,023 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,010 dengan sumbangan relatif sebesar 57,4% dan sembangan efektif sebesar 22,6%. (3) Jam belajar masyarakat dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 12,354 > 3,23 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jam belajar masyarakat, Fasilitas belajar dan Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2015 02:24
Last Modified: 08 May 2015 02:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32981

Actions (login required)

View Item View Item