PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN REATIVITAS SISWA (Pembelajaran Matematika Kelas V SDN. 01 Blulukan)

WAHYUNINGSIH , DANY (2009) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN REATIVITAS SISWA (Pembelajaran Matematika Kelas V SDN. 01 Blulukan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030212.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
A410030212.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa pada proses pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok pembehasan Operasi Bilangan Bulat. Sampel yang diambil di dalam penelitian ini adalah 21 siswa kelas V SDN. 01 Blulukan pada tahun ajaran 2008/2009. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Teknik analisa data digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif dan keabsahan data diukur dengan triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat kreativitas siswa meningkat dari pertemuan pertama ke pertemuan terahir yaitu 57.14 % melakukan alternative cara, 112.5 % menyampaika ide dan 50 % menjawab pertanyaan dari guru (dilihat dari KKM 60 %) dan dari peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai yang diperoleh siswa yaitu sebesar 23.41 %. Bahwa dengan penerapan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jun 2009 08:27
Last Modified: 16 Nov 2010 15:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item