Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015

Hidayati, Eny (2015) Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMANDEPAN.pdf

Download (856kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (555kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar, (2) hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar, dan (3) hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,276) > (0,176) dan taraf Sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan (2) ada hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan yaitu nilai (0,275,) > (0,176) dan taraf sig. < 0,05 yaitu 0,002. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan (3) ada hubungan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jambu . Hal ini terbukti dari hasil nilai Fhitung (8,047) > Ftabel (3,072) dan taraf signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. Berarti, ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: family environment, study sources utilizing, study motivation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2015 04:41
Last Modified: 06 May 2015 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32968

Actions (login required)

View Item View Item