Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Batik 1 Surakarta 2013/2014

Rachmawati, Intan (2015) Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Batik 1 Surakarta 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (598kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh profesionalisme guru terhadap kinerja guru, 2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3) pengaruh antara profesionalisme guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMK Batik 1 Surakarta dengan jumlah 53 guru dengan sampel sebanyak jumlah populasi yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 6,480 + 0,370 (X1) + 0,428 (X2), artinya kinerja guru dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan kepemimpinan kepala sekolah. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) profesionalisme guru berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 2,453 > 2,310 dengan nilai signifikansi 0,018<0,05. (2) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 2,829 > 2,310 dengan nilai signifikansi 0,007<0,05. (3) profesionalisme guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > tabel F yaitu 6,839 > 3,182 dengan nilai signifikansi 0,002<0,05. (4) Variabel profesionalisme guru memberikan sumbangan efektif sebesar 9,245%. Variabel keterampilan kepemimpinan kepala sekolah memberikan sumbangan efektif sebesar 12,255%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 21,5%, sedangkan 78,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme guru, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2015 04:13
Last Modified: 06 May 2015 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32965

Actions (login required)

View Item View Item