Kinerja Guru Ditinjau Dari Sertifikasi Guru Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMP Negeri Se-Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora

Wardani, Latri and , Dra.Titik Asmawati,SE.,M.Si (2015) Kinerja Guru Ditinjau Dari Sertifikasi Guru Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMP Negeri Se-Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (937kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (733kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh:1) sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, 2) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, 3) sertifikasi guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri se Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang sudah sertifikasi berjumlah 70 guru dengan sampel 58 guru diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan angket. Uji coba angket dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas sebanyak 12 guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menemukan bahwa :1) ada pengaruh positif dan signifikan sertifikasi terhadap kinerja guru di SMPN se Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora yaitu dengan koefisien regresi 0,261 bernilai positif dan diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,396 > 2,000, nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,020 ; 2) ada pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN se Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora yaitu dengan koefisien regresi 0,265 bernilai positif dan diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,297 > 2,000, nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,002; 3) ada pengaruh positif dan signifikaan sertifikasi guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPN se Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora yaitu diperoleh hasil Fhitung>Ftabel yaitu 12,096>3,150 bernilai positif, nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 4) hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,305 menunjukkan bahwa kinerja guru SMP dipengaruhi oleh kombinasi variabel sertifikasi guru dan gaya kepemimpinan kepala sekolah yaitu sebesar 30,5% yang terdiri dari 11,90% dari sertifikasi guru dan 18,60% dari kepemimpinan kepala sekolah sedangkan sisanya 69,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sertifikasi guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2015 03:39
Last Modified: 10 Oct 2021 15:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32962

Actions (login required)

View Item View Item