Peningkatan Kemandirian Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Aplikasi Geogebra ( PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Tahun Ajaran 2014/2015)

Sulastri, Peni and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Peningkatan Kemandirian Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Aplikasi Geogebra ( PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (642kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Al- Kautsar Program Khusus Kartasura dengan menggunakan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah siswa. 1) Siswa mampu menyelesaikan tugasnya sendiri sebelum tindakan 27,27% sampai akhir tindakan 66,67%, 2) percaya pada diri sendiri sebelum tindakan sampai akhir tindakan 75,75%, 3) merumuskan masalah atau model matematika sebelum tindakan 21,21% dan akhir tindakan 51,51%, 4) menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah sebelum tindakan 15,15% dan akhir tindakan 69,69%, 5) menjelaskan atau menginterprestasikan permasalahan secara bermakna sebelum tindakan 24,24% dan akhir tindakan 75,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Geogebra dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandiri

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username s200120012
Date Deposited: 05 May 2015 10:07
Last Modified: 09 Oct 2021 03:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32948

Actions (login required)

View Item View Item