Pelaksanaan Sambatan Untuk Meningkatkan Karakter Kepedulian Sosial Di Lingkungan Masyarakat (Studi Kasus Desa Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun 2014)

Nugroho, Setiawan Ari and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2015) Pelaksanaan Sambatan Untuk Meningkatkan Karakter Kepedulian Sosial Di Lingkungan Masyarakat (Studi Kasus Desa Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. untuk mendeskripsikan pelaksanaan sambatan untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial di lingkungan masyarakat Desa Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun 2014; 2. untuk mendeskripsikan kendala dalam pelaksanaan sambatan untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial di lingkungan masyarakat Desa Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun 2014, dan 3. untuk mendeskripsikan solusi dari kendala dalam pelaksanaan sambatan untuk meningkatkan karakter kepedulian sosial di lingkungan masyarakat Desa Trengguli Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunaan dua macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber data yang berupa informan, serta tempat dan peristiwa yang berkaitan dengan data yang dimaksud. Kedua trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat mengikuti pelaksanaan sambatan dilakukan secara bersama-sama warga sekitar. Sambatan yang berlangsung di masyarakat berupa membangun rumah warga, mencangkul ladang secara bersama-sama, dan mengambil hasil pertanian warga yang membutuhkan bantuan orang banyak. Terdapat kendala dalam pelaksanaan sambatan yaitu terdapat orang yang bercanda dalam bekerja, kekurangan tenaga ahli, keterbatasan waktu, dan memecahkan masalah dengan cara sepihak. Solusi yang dilakukan adalah memberi nasihat agar pekerjaan yang dilakukan dikerjakan dengan benar, mengatur tenaga yang ada, bekerja secara bergiliran, dan musyawarah dalam memutuskan masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, kepedulian sosial, masyarakat, sambatan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2015 08:26
Last Modified: 12 Oct 2021 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32940

Actions (login required)

View Item View Item