Simulasi Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Kesenjangan Harapankenyataan Tentang Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Kolaborasi Strategi The Power Of Two

Dewi, Dewi and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2015) Simulasi Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Berbasis Kesenjangan Harapankenyataan Tentang Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Kolaborasi Strategi The Power Of Two. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan simulasi model pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis kesenjangan harapan-kenyataan tentang pelaksanaan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan yaitu mahasiswa PPKn semester 7, semester 5, dan semester 3. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi atau mencatat arsip. Validitas data atau keabsahan data menggunakan trianggulai sumber data dan trianggulasi teknik pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Simulasi model pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis kesenjangan harapan-kenyataan tentang pelaksanaan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dengan menggunakan pendekatan saintifik kolaborasi strategi The Power Of Two terdapat kelemahan dan kelebihan. Kelemahan dan kelebihan simulasi model pembelajaran tersebut dapat dilihat dari strategi, metode, dan alat/media pembelajaran yang digunakan. Simulasi model pembelajaran PPKn berbasis harapan-kenyataan tentang pelaksanaan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dengan menggunakan pendekatan saintifik kolaborasi strategi The Power Of Two menjelaskan kesenjangan harapan yang terdapat pada buku siswa kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 dengan kenyataan yang telah terjadi. 2) Penyempurnaan model pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis kesenjangan harapan-kenyataan tentang pelaksanaan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dengan menggunakan pendekatan saintifik kolaborasi strategi The Power Of Two berdasarkan kelemahan dan kelebihan dari simulasi model pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Model Pembelajaran PPKn , Kesenjangan, Harapan- Kenyataan, Pendekatan Saintifik, The Power Of Two
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2015 07:48
Last Modified: 12 Oct 2021 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32934

Actions (login required)

View Item View Item