Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Contract Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tema Indahnya Negeriku Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jatinom Tahun Ajaran 2014/2015

PURWALAGA, ERICA ADI and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Contract Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tema Indahnya Negeriku Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Jatinom Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (631kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
narkah publikasi.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada tema indahnya negeriku melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Contract. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian adalah guru ( peneliti ) dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatinom, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan minat belajar yang tercermin dalam antusias mengikuti pembelajaran pada prasiklus 32%, pada siklus I 68,2%, siklus II 100%. Minat belajar dalam memusatkan perhatian pada pembelajaran dari prosentase prasiklus 36%, siklus I 77,3%, dan siklus II 100%. Minat Belajar Siswa dalam Rajin dalam belajar dari prosentase prasiklus 32%, siklus I 63,6%, dan siklus II 96%. Minat belajar siswa dalam menunjukkan perilaku positif dari prosentase prasiklus 48%, siklus I 77,3%, dan siklus II 100%. Minat belajar siswa dalam menunjukkan rasa ingin tahudari prosentase prasiklus 28%, siklus I 59,1%, dan siklus II 96%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum tindakan sebesar 12% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 40,9% pada siklus I, dan di akhir tindakan meningkat menjadi 88%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Contract dapat meningkatkan minat belajardan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Negeriku di SDN 2 Jatinom Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Learning Contract
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 May 2015 07:42
Last Modified: 12 Oct 2021 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32933

Actions (login required)

View Item View Item