SARI, RIRIN NUR INDAH and , Dr. Samino, M.M. (2015) Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa SDN Mojorejo 3 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman depan)
03 HALAMAN DEPAN.pdf Download (416kB) |
|
PDF (Bab 1)
04 BAB I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab 2)
05 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
PDF (Bab 3)
06 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
PDF (Bab 4)
07 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
PDF (Bab 5)
08 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (Daftar pustaka)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah publikasi)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (244kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui korelasi antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SD N Mojorejo 3 Kabupaten Sragen tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Adapun obyek penelitian ini adalah siswa SD N Mojorejo 3 kabupaten Sragen sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 45 siswa. Data dalam penelitian ini adala h persepsi siswa terhadap motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa. Adapun sumber data yang diperoleh melalui metode angket yang dikumpulkan oleh siswa kelas IV, V dan VI, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebelumnya angket telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil analisis korelasi menghasilkan adanya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar pada siswa SD N Mojorejo 3 Kabupaten Sragen. Sehingga H1 yang diajukan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis uji korelasi diketahui thitung > ttabel yaitu 5,869 > 1,681 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga H1 yang menyatakan bahwa adanya korelasi yang signifikan terhadap motivasi belajar dengan kemandirian belajar dapat diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,447. Arti koefisien ini berarti sumbangan efektif variabel motivasi belajar dengan kemandirian belajar sebesar 44,7%. Hal ini berarti terdapat 55,3% variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar dengan kemandirian belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, kemandirian, korelasi, motivasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 05 May 2015 07:30 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32930 |
Actions (login required)
View Item |