Pengaruh Tanggapan Siswa Tentang Penggunaan Kata Sapaan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ngarum 2 Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015

Khodijah, Syarifatun (2015) Pengaruh Tanggapan Siswa Tentang Penggunaan Kata Sapaan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ngarum 2 Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (745kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Ngarum II Sragen, dan seberapa besar pengaruh pengaruh tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Ngarum II Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SD Negeri Ngarum II Sragen yang berjumlah 20 siswa. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 20 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui Angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi sederhana, uji-f dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu Y = 53,56 + 0,766X, artinya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh antara tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Ngarum II Sragen. Hal tersebut terbukti dari hasil koefisien arah regresi dari variabel tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru adalah sebesar 0,766 atau positif. Dan dengan uji keberartian koefisien arah regresi sederhana untuk variabel tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 5,1 > 4,41 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti pengaruh tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Ngarum II Sragen adalah signifikan. Hasil dari analisis data diperoleh koefisien determinasi (KD) Sebesar 0,0484 yang menunjukkan bahwa pengaruh tanggapan siswa tentang penggunaan kata sapaan guru teradap motivasi belajar siswa adalah sebesar 4,84%, sedangkan sisanya 95,16% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, Kata Sapaan, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2015 04:54
Last Modified: 05 May 2015 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32924

Actions (login required)

View Item View Item