Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014/2015

Pratiwi,, Arumita (2015) Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Jigsaw Dan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Dafatr Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara strategi Jigsaw dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta, (2) pengaruh yang lebih besar antara strategi Jigsaw dengan strategi Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC dan VD SDIT Nur Hidayah Surakarta tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,253 > 1,994 dengan nilai rata-rata hasil belajar tematik kelas VC lebih besar dibandingkan kelas VD, yaitu 81,53 > 75,83. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi Jigsaw dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta, (2) strategi Jigsaw lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: studi komparasi, strategi, Jigsaw, Everyone Is A Teacher Here, belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2015 04:10
Last Modified: 05 May 2015 04:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32923

Actions (login required)

View Item View Item