Studi Komparasi Antara Strategi Time Token Dengan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Tahun Ajaran 2014/ 2015

Kartikaningrum, Dewi and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2015) Studi Komparasi Antara Strategi Time Token Dengan Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (663kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan: (1) perbedaan hasil belajar antara penerapan strategi Time Token dan Learning Start with a Question (LSQ) pada siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura, (2) strategi mana yang lebih baik hasil belajarnya antara strategi pembelajaran Time Token dengan Learning Start with a Question (LSQ) pada siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% di peroleh yaitu 1,176 2,056 dengan nilai rata-rata hasil belajar tematik kelas IVB tidak lebih baik dibandingkan kelas IVC, yaitu 81,93 79,14 dengan perbedaan yang tidak signifikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan strategi Time Token dan Learning Start with a Question (LSQ) pada siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura, (2) hasil belajar siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar melalui strategi pembelajaran Time Token tidak lebih baik daripada melalui strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Time Token, strategi Learning Start with a Question (LSQ),hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2015 02:14
Last Modified: 12 Oct 2021 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32922

Actions (login required)

View Item View Item