Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Numbered Heads Together (Nht) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Singopuran 2 Tahun Pelajaran 2014/2015

Sari, Ratna Rafika (2015) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Numbered Heads Together (Nht) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Singopuran 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (396kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (452kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui strategi Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Singopuran 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Singopuran 2 yang berjumlah 20 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang dapat dilihat dari meningkatnya prosentase siswa yang telah mencapai KKM (≥70) yaitu dari 45% siswa pada pra siklus kemudian dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 55%, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 70%, dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 80% serta pada akhir tindakan meningkat menjadi 85% dan meningkatnya rata-rata nilai hasil belajar yaitu dari 65,5 pada pra siklus kemudian dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 67,5 siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 71,75 dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 78,75 dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 84,75.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil, Belajar, Strategi Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2015 02:04
Last Modified: 05 May 2015 02:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32921

Actions (login required)

View Item View Item