Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Genius Learning Bagi Siswa Kelas III MIM Slogo Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015

Alvianita, Irma Yuliana and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Genius Learning Bagi Siswa Kelas III MIM Slogo Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika melalui penggunaan strategi Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIM Slogo Tanon Sragen yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan obyek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa.Metode pengumpulan data melalui metode observasi,wawancara, test dan dokumentasi. Teknik analis data melalui diskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adannya peningkatan hasil belajar melalui penggunaan startegi Genius Learning. Hal inidapat dilihat dari :1) keaktifan kerjasama dalam kelompok yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 28,57% dan setelah tindakan mencapai 85,71%, 2) Menjawab pertanyaan yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 35,71% dan setelah dilaksanakan tindakan mencapai 78,57%, 3)kekatifan mengerjakan soal yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 42,85% dan setelah tindakan mencapai 85,71%, 4)keaktifan mengemukakan pendapat yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 28,57% dan setelah dilaksanakan tindakan mencapai 78,57%. Hasil belajar siswa juga meningkat pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa 51,78% sedangkan pada siklus I mencapai 68,57% dan pada siklus II mencapai 78,21%. Kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan strategi Genius Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika siswa kelas III MIM Slogo Tanon Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, genius learning, strategi, belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2015 04:42
Last Modified: 12 Oct 2021 05:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32916

Actions (login required)

View Item View Item