Peningkatan Partisipasi Belajar Tema Indahya Negeriku Melalui Penerapan Strategi Word Square Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Tawangmangu Tahun Ajaran 2014/2015

Lestary, Ety and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Partisipasi Belajar Tema Indahya Negeriku Melalui Penerapan Strategi Word Square Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Tawangmangu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar Tema Indahnya Negeriku melalui penerapan strategi Word Square pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Tawangmangu tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah guru ( peneliti ) dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Tawangmangu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan partisipasi belajar tema Indahnya Negeriku melalui penerapan strategi Word Square yang dapat dilihat dari hasil observasi partisipasi belajar pada setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Peningkatan partisipasi terlihat dalam 5 indikator yaitu kerja sama dan keterlibatan siswa dalam kelompok pada pra siklus 25% dan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 85%. Mengajukan pertanyaan pada pra siklus 25% dan siklus II pertemuan kedua menjadi 85%. Berani memberikan tanggapan terhadap jawaban siswa lain pada pra siklus 20% dan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 90%. Mengerjakan soal di depan kelas pra siklus 20% dan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 90%. Sedangkan menjawab pertanyaan yang diajukan guru maupun siswa lain pada pra siklus 25% dan pada siklus II pertemuan kedua menjadi 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Word Square dapat meningkatkan partisipasi belajar Tema 6 Indahnya Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sepanjang Tawangmangu tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Belajar, Word Square.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2015 08:09
Last Modified: 12 Oct 2021 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32893

Actions (login required)

View Item View Item