EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS XI SMUN 3 WONOGIRI

PURNOMO, YOPPY WAHYU (2009) EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS XI SMUN 3 WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030114.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
A410030114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning dan konvensional, (2) Mengetahui perbedaan yang signifikan pendekatan Contextual Teaching Learning dan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika, (3) Mengetahui perbedaan yang signifikan efek pendekatan pembelajaran matematika dan motivasi terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMU N 3 Wonogiri semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Populasi penelitian ini yaitu semua Siswa kelas XI dan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak 75 siswa yang dijadikan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis dengan menggunakan taraf signifikansi 5 % dan dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. hal ini ditunjukkan oleh besarnya Fhitung = 3 3.059 > Ftabel = 3,98885. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh harga Fhitung = 10.048 > Ftabel = 3,1383. (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi. Hal ini ditunjukkan oleh harga Fhitung = 1.102 <Ftabel = 3,1383

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Motivasi, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jun 2009 08:05
Last Modified: 16 Nov 2010 15:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3289

Actions (login required)

View Item View Item