Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri 07 Kauman Batang Tahun Pelajaran 2014/2015

Ansori,, Isa and -, Dr. Sabar Narimo, M.M. (2015) Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri 07 Kauman Batang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (872kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan persepsi guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 07 Batang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang telah melaksanakan kurikulum 2013 yaitu kelas I, II, IV, dan V. Teknik pengumpuan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 07 Batang adalah menyiapkan buku guru dan buku siswa, menganalisis silabus, menganalisis KD dalam buku guru, menganalisis buku siswa, membuat RPP dengan beberaa penyesuaian, menyiapkan media dan alat pembelajan, menyiapkan instrumen penilaian. Persepsi guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman 07 Batang adalah kurikulum 2013 itu baik, namun tidak cocok di implemtasikan di Indonsia karena SDM di Indonesia belum memenuhi tuntutan dari kurikulum itu sendiri, terkesan tergsa-gesa, karena bintek yang dilakukan hanya lima hari dan langsung harus menerapkannya keesokan harinya, jadi terkesan trgesa-gesa, terkesan belum disiapkan dengan matang, dilihat dari distribusi buku yang sangat terlambat. Buku yang dibutuhkan baru datang setelah materinya terlampaui, mudah dilaksanakan karena semua intrumennya sudah ada dari mulai silabus RPP, buku siswa dan buku guru, pemetaan siswa jelas karena penilaian yang terperinci, jadi kelebihan dan kekurangan siswa dapat terlihat dengan jelas, penilaiannya terperinci maka guru harus bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, kurikulum 2013, Persepsi guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2015 05:33
Last Modified: 12 Oct 2021 03:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32887

Actions (login required)

View Item View Item