Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mandan 01 Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014/2015

Permata Sari, Marintan Dwi (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mandan 01 Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (509kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (150kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SD Negeri Mandan 01 Kabupaten Sukoharjo tahun 2014/2015, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Mandan 01 yang berjumlah 20 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru/ pneliti. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif.Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SD Negeri Mandan 01. Pada siklus I pertemuan ke-1 keterampilan menulis narasi pada siswa mencapai 45,00% (9 siswa yang sudah terampil menulis narasi dari 20 siswa), mengalami peningkatan tetapi belum cukup tinggi pada siklus I pertemuan ke-2 menjadi 55,00% (11 siswa yang sudah terampil menulis narasi dari 20 siswa). Pada siklus II pertemuan ke-1 peningkatan prosentase keterampilan menulis narasi menjadi 70,00% (14 siswa yang sudah terampil menulis narasi dari 20 siswa). Adapun peningkatan prosentase yang memuaskan terjadi pada siklus II pertemuan ke-2 menjadi 85,00% (17 siswa yang sudah terampil menulis narasi dari 20 siswa). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasipada siswa kelas IV SD Negeri Mandan 01 Kabupaten Sukoharjo tahun 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis , Strategi Pembelajaran , Picture and Picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2015 05:27
Last Modified: 30 Apr 2015 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32886

Actions (login required)

View Item View Item